klikdokter.com
Rabu, 03 September 2014
<

Pil kina

Dok, saya mau bertanya mengenai penggunaan pil kina dosid dan aturan pakainya soalnya dari beberapa apotik yg saya tanya tidak ada yg sama aturan pakainya. Apakah efektif mencegah atau masih ada kemungkinan utk tetap terinfeksi malaria? (perempuan, 25 thn,160 cm,59 Kg)



Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami dapat memahami kekhawatiran Anda. Pil Kina atau kuinin merupakan salah satu obat yang telah lama digunakan untuk mengobati malaria. Namun umumnya obat tersebut tidak diindikasikan untuk mencegah malaria, melainkan menjadi obat untuk mengatasi infeksi malaria. Penggunaannya dapat diberikan sebagai terapi tunggal atau dibarengi dengan terapi obat malaria lainnya. Untuk pengobatan malaria, dosis kina yang umumnya digunakan adalah 600 - 650 mg setiap 8 jam untuk setidaknya 3 hari. Akan tetapi, dosis yang diberikan tergantung kepada kondisi pasien dan penilaian dokter yang merawat. 

Obat profilaksis/pencegahan umumnya dimulai sebelum bepergian dan diteruskan selama bepergian ke daerah endemis malaria. Pemilihan obat mana yang akan digunakan bergantung kepada pola kekebalan kuman malaria (pola resistensi) terhadap obat tersebut di suatu daerah. Selain itu dosis dan lama pemakaian berbeda-beda tergantung kepada pola parasit malaria yang ada di suatu daerah dan jenis obat yang digunakan. Pada kasus Anda, Kami sarankan agar Anda mencari info dari dinas kesehatan daerah yang akan Anda kunjungi mengenai jenis kuman malaria yang ada didaerah tersebut dan pola kekebalannya.

Terdapat beberapa obat yang dapat digunakan sebagai terapi pencegahan malaria, yaitu:

  1. Klorokuin (300 mg basa, umumnya 1 minggu sekali).
  2. Doksisiklin (100 mg setiap hari)
  3. Meflokuin (250 mg seminggu sekali)
  4. Amodiakuin (300-400 mg basa, 1 minggu sekali).
  5. Proguanil (200 mg setiap hari).

Walaupun Anda menggunakan obat-obatan diatas sebagai pencegahan, hal tersebut tidak dapat menjamin bahwa Anda pasti tidak akan terkena penyakit malaria. Hal terpenting agar tidak terkena malaria adalah menghindari gigitan nyamuk. Beberapa langkah yang dapat dilakukan agar tidak tergigit nyamuk yaitu:

  1. Menggunakan krim anti nyamuk saat beraktivitas
  2. Menggunakan jaring nyamuk/kawat kasa anti nyamuk pada pintu dan jendela
  3. Menggunakan kelambu saat tidur
  4. Menggunakan obat obat anti nyamuk pada kamar tidur yang digunakan
  5. Menggunakan pakaian yang menutupi bagian tubuh dengan baik dan berwarna cerah, dsb

Diharapkan dengan melakukan langkah-langkah diatas Anda dapat terhindar dari gigitan nyamuk. Kami sarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu apabila akan melakukan terapi pencegahan/profilaksis.

Demikian penjelasan yang dapat Kami berikan. Semoga dapat membantu. (SO) 

Terimakasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Kista dan keputihan?
Tidak segera dilakukan kuret?
Karies gigi