klikdokter.com
Selasa, 02 September 2014
<

Kepala Penis Terasa Gatal

Kepada Yth. Dokter spesialis kelamin... Saya seorang pria berusia 22 tahun, beberapa hari ini saya mengalami gatal-gatal pada kepala penis saya. Sebenarnya gatal-gatal ini pernah saya alami saat dulu, sekitar dua atau tiga kali, namun itu sudah lama, antara 2-3 tahun yangg lalu namun gatal-gatal itu hilang dengan sendirinya dan tidak sampai mengalami seperti yang saat ini saya alami. Kondisi penis saya belum dikhitan Dok, jadi yang mengalami gatal hanya dibagian kepala penis dan kulit bagian dalam yang membungkus kepala penis. saya melakukan hubungan sex hanya dengan pasangan saya, tidak pernah dengan orang lain, begitu pula pasangan saya. Namun pasangan saya tidak mengalami hal seperti yang saya alami. Saya sering menghilangkan rasa gatal dengan cara menggenggam penis saya dan (maaf) mengocoknya seperti sedang melakukan onani. Pertama-tama tidak ada masalah sampai akhirnya saya merasakan nyeri/pedih pada salah satu sisi kepala penisnya. saya pikir itu normal karena mungkin diakibatkan gesekan/lecet pada saat saya mengocoknya dengan cepat saat menghilangkan rasa gatal. Namun pada saat saya mandi dan ingin membersihkan bagian kepala penis saya (Saya selalu membersihkan kepala penis dengan membuka kulitnya dengan menggunakan sabun mandi) terasa perih dan saya baru sadar ternyata penyebab rasa perih itu disebabkan luka pada bagian kepala penis sebelah kiri yang seperti sariawan pada mulut, hanya saja warnanya seperti putih gading. Dokter, saya minta tolong di analisa, apa yang terjadi dengan kepala penis saya ini. Dan apa obat yang harus saya pakai/konsumsi untuk masalah ini...Dok, tolong saya, saya sangat-sangat butuh penjelasan ;( terima kasih atas perhatiannya.( laki-laki, 22 thn,174 cm,68 Kg)



 

Bapak/Saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter. Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda

Keluhan-keluhan yang anda rasakan, yaitu gatal dan nyeri pada kepala penis dapat terjadi akibat adanya proses peradangan pada kepala penis Anda. Dalam bahasa medis dikenal dengan istilah Balanopostitis. Peradangan ini memang biasa terjadi pada laki-laki yang belum disunat dan biasanya dapat terjadi akibat higiene yang buruk pada daerah di bawah kulit yang tidak disunat. Higiene yang buruk dapat memicu timbulnya infeksi jamur ataupun bakteri di bawah kulit yang tidak disunat. Penderita balanopostitis akan mengeluhkan penis yang terasa gatal, merah, bengkak, dan nyeri.

Pada kasus yang ringan dan bukan disebabkan oleh infeksi memang keluhan penyakit ini dapat menghilang dengan sendirinya. Namun pada kasus yang lebih berat kesembuhan baru bisa didapatkan dengan bantuan pemberian obat dari luar.

Sebaiknya anda segera memeriksakan diri anda ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut mengenai penyebab infeksi yang menyerang penis anda. Pengobatan yang diberikan akan berbeda-beda, tergantung dengan penyebab infeksinya. Saat memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin, jangan lupa untuk turut mengajak pasangan anda memeriksakan diri juga, karena dikhawatirkan bakteri atau jamur penyebab infeksi telah menyebar ke pasangan anda.

Setelah mendapat pengobatan yang tepat anda perlu mencegah berulangnya kejadian ini dengan menjaga kebersihan kepala penis. Saat mandi, kulit yang menutupi kepala penis harus ditarik agar daerah di bawah kulit tersebut dapat dibersihkan. Atau anda dapat melakukan sirkumsisi (sunat) untuk mencegah berulangnya kejadian ini.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat (DP)

Salam,

(Redaksi Klikdokter)

 



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Gusi bengkak bernanah
Keputihan berlebihan
Penyebab tidur mendengkur