klikdokter.com
Sabtu, 19 April 2014
Login | Register

Benjolan Pada Leher

Dok, saya memiliki benjolan kecil di leher kanan dan kiri saya, Kanan terdapat 2 benjolan dan sebelah kiri hanya 1. Saya baru menyadarinya baru2 ini saat saya mengalami sesak napas yang belum pernah saya alami sebelumnya serta demam. Benjolan ini konsinstensinya tetap, Ketika dsentuh, dia tidak bergerak. Ukurannya bulat kecil, +- dalam mm. Leher kanan saya juga selalu terasa sangat capek, saya juga sering batuk2. Apakah benjolan tersebut adalah tumor, dok?



Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sulit bagi kami untuk mengetahui benjolan yang Anda maksud. Benjolan di leher paling sering disebabkan oleh kelenjar getah bening yang membesar. Kelenjar getah bening membesar biasanya karena infeksi, dapat infeksi bakteri, virus, maupun infeksi tuberkulosis kelenjar. Kelenjar getah bening leher juga dapat membesar bila ada infeksi atau luka di daerah mulut, misalnya gigi berlubang atau sariawan.

Untuk mengetahui dengan jelas apakah benjolan tersebut, diperlukan pemeriksaan secara langsung dengan melihat dan meraba benjolannya. Selain itu, dengan pemeriksaan fisik pun biasanya belum pasti, masih diperlukan pemeriksaan biopsi (mengambil benjolan tersebut dan diperiksa dibawah mikroskop) untuk mengetahui apa benjolan tersebut dan apakah berbahaya. 

Kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter untuk diperiksa secara langsung agar jelas diagnosis dari benjolan tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



 



Live Chat

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter