klikdokter.com
Rabu, 30 Juli 2014

Luka Operasi Usus Buntu

Dok, saya rika. Bulan oktober 2011 yang lalu saya menjalani operasi usus buntu. Kira2 dua minggu pasca operasi, saya merasa metabolisme lancar. Seperti buang air besar lancar. Tapi, setelah saya makan sambal yang cukup pedas, saya merasa saya kembali susah buang air besar seperti sebelum usus buntu, di sisi lain, saya juga jadi sering diare. Beberapa hari belakangan, saya juga sering muntah2 dan pusing kepala. Saya juga punya sakit maag Dok. Tapi setelah operasi, memang jarang kambuh (jarang merasa nyeri ), mungkin karena makan saya yang cenderung teratur. Apakah gejala yang saya alami itu normal Dok, pasca operasi usus buntu? Trus apakah ada makanan tertentu yang harus dihindari? Benarkah pasca operasi tidak boleh membawa barang berat Dok? Saya biasa membawa laptop dan buku, kurang lebih 4-5 kilo. oya Dok, mungkin kah muntah - muntah dan pusing itu disebabkan suplai oksigen yang kurang ke otak? Akhir - akhir ini cuaca di Yogyakarta sangat panas. Biasanya saya paling sering merasa mual dan pusing ketika membonceng mengendarai sepeda motor. BAk saya normal dan bagian perut yang diopersi juga tidak nyeri. Mohon saran dan jawaban dari dokter. Trimakasih Rika



Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Keluhan Anda adalah muntah-muntah, pusing dan keluhan sistem pencernaan. Sudah berapa lama Anda merasakan keluhan ini? Apakah sering terjadi? Apakah Anda masih merasakan keluhan BAB, saat ini?

Keluhan-keluhan Anda tidak berhubungan dengan keadaan operasi usus buntu. Bagaimana dengan kondisi luka operasi Anda?

Bila memiliki maag maka kurangi makan pedas, asam, dan kopi. Proses penyembuhan luka operasi dapat memakan waktu antara 3-6 bulan. Sebaiknya, selama masa penyembuhan, Anda tidak dianjurkan untuk mengangkat barang berat dan  mengedan agar tekanan didalam perut tidak meningkat dan menyebabkan luka kembali terbuka. Daerah bekas luka operasi perlu dijaga tetap kering dan bersih.

Bagaimana pola aktivitas, istirahat, dan pola makan Anda?

 

Anda perlu untuk menjalankan pola hidup sehat dengan

Makan teratur (3x/hari), dengan frekuensi sering dan porsi kecil-kecil

  1. Istirahat cukup (tidur dan bangun teratur, tidak bergadang), 8 jam/sehari
  2. Jangan langsung tidur setelah makan malam
  3. Olahraga (3-4x/minggu, @30 menit)
  4. Tidak merokok

Dengan demikian, Anda dapat mengurangi terjadinya keluhan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Takut Penyakit 2
Kolesterol
Flek Setelah Haid