klikdokter.com
Kamis, 24 Juli 2014

Sakit Maag Setelah Operasi

rimakasih atas jwaban dokter sebelumnya.melengkapi keluan saya.. Dibanding dengan aktivitas sebelum operasi, aktivitas saya sekarang jauh berkurang. Saya jarang melakukan olah raga, makan 2 - 3 kali sehari (lebih sering dua kali). Biasanya ketika saya mencoba sarapan (jam 6 - 9), perut akan langsung mules, seperti diare, tetapi tidak bisa BAB. Sebelum operasi, saya memang sering mengalami hal ini, termasuk muntah2. Tetapi kira2 2 minggu setelah operasi, saya tidak lagi muntah2 (kecuali H+1-2 post operasi) atau susah BAB. Kondisi ini saya alami setelah minggu 3 pasca operasi. Saya juga tidak minum kopi pasca operasi. Durasi tidur tidak tentu, tapi kira2 5 - 6 jam per hari (dulu sebelum operasi 3 - 5 jam). Mungkin kah memang itu karena maag Dok? tetapi saya jarang merasa nyeri di ulu hati pasca operasi. Oya Dok, jenis olah raga seperti apa yang bisa saya lakukan? kalo jogging atau body language boleh gak Dok? Trimakasih atas jawabannya Salam Rika



Ibu/Saudari yang Terhormat.

 

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Keluhan Anda mungkin saja dari sakit maag. Keluhan sakit maag dapat berupa sakit ulu hati, mual, muntah dan kembung (perut terasa penuh). Keluhan tersebut biasanya muncul bila terlambat makan atau setelah makan. Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, Anda perlu makan lebih sering 4-5 kali sehari dengan porsi yang kecil, hal ini bertujuan untuk mengurangi keluhan sakit maag Anda. Makan teratur dapat mencegah kekambuhan maag. Hindarilah makanan yang pedas dan asam.

Olah raga sebaiknya yang ringan terlebih dahulu, kecuali bila sudah lewat 1 - 2 bulan post operasi. Kami menyarankan sebaiknya jangan body languange dulu, namun Anda boleh jogging.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

 

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Sensasi Bergerak Di Kepala?
Batuk Tak Kunjung Sembuh
Gigi Anak