klikdokter.com
Sabtu, 19 April 2014
Login | Register

Cedera Otot

Apakah penanganan cedera otot, seperti salah urat ketika diperiksakan ke dokter akan selalu mendapat penanganan berupa operasi?



Bapak/saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

Nyeri otot terjadi akibat beberapa hal, yaitu: digunakan berulang (repetitif) dalam waktu lama, digunakan dalam posisi yang salah dalam waktu lama, akibat getaran atau akibat penggunaan dengan kekuatan yang besar, misalnya mengangkat benda yang berat. Akibat adanya aktivitas yang tidak tepat tersebut menyebabkan terjadinya kerusakan otot yang secara mikroskopik tampak berupa robekan jaringan disertai adanya proses peradangan, dan karena penggunaan yang terus menerus maka tidak ada waktu bagi otot tersebut untuk memperbaiki diri (recovery).  Nyeri otot tersebut bisa terjadi pada musisi yang menggunakan suatu instrumen (gitar, biola) dalam waktu lama, pada olah ragawan, dan juga pada pekerja kantor. Sama dengan nyeri otot yang timbul pasca olah raga, otot yang nyeri adalah otot yang banyak bekerja saat melakukan aktivitas, misalnya pada pekerja kantor yang banyak menggunakan komputer, sering nyeri pada bahu kanan karena otot bahu kanan selalu bekerja mempertahankan posisi lengan atas dan tangan untuk mengendalikan “mouse” komputer, atau pada pemain gitar bisa timbul nyeri pada bahu kiri, karena otot bahu kiri selalu mempertahankan posisi lengan kiri untuk memainkan nada dan menyangga gitar. Nyeri yang timbul berupa perasaan pegal, panas, kebas , dapat disertai bengkak dan kemerahan.
 

Mengingat penyebab nyeri otot yang beragam, maka jangan abaikan nyeri otot bila tidak segera sembuh , misalnya setelah lebih dari 1 minggu, dengan intensitas atau kualitas nyeri semakin hari semakin bertambah. Sebab jika tidak mendapat penanganan yang tepat,  nyeri otot dapat menyebabkan penurunan fungsi otot dan sendi sekitarnya, sehingga dapat menghambat aktivitas fisik dan akhirnya dapat menurunkan kualitas hidup penderita. Bila hal tersebut terjadi , segeralah berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik untuk dapat dievaluasi .

Penanganan cedera otot tidak selalu dengan operasi.Penanganan tentu saja disesuaikan dengan tingkat perjalanan cedera yang terjadi pada otot.Penanganan cedera otot antara lain adalah mengistirahatkan otot yang terlibat,mendinginkan dengan es daerah yang sakit terutama pada awal-awal cedera,menekan daerah yang sakit dengan perban elastis,terapi fisik,dan Operasi bila terbukti otot mengalami robekan.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.
 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 



 



Live Chat

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter