klikdokter.com
Jumat, 25 April 2014
Login | Register

Pasca Operasi Usus Buntu

Riwayat kesehatan setelah pasien di rawat di rumah : 1. Hari pertama kondisi pasien tidak ada masalah (tidak merasakan nyeri), pasien terlihat gembira. 2. Hari ke 2 pasien sering merasakan nyeri baik dijahitan maupun didalam perutnya. Dokter menyarankan tidak boleh diberi obat (takut over dosis). 3. Hari ke 3 pasien masih merasakan nyeri, melakukan control yang pertama, hasil control luka mulai mengering, tinggal di ujung2. Dokter menyarankan pasien disuruh sering berjalan-jalan, rasa sakit nyeri karena jahitan dan rasa sakit diususnya karena ada bagian yang mengecil pada usus yang melintir. 4. Hari ke 4 nyeri berkurang, BAB, kencing normal, suhu tubuh normal. 5. Hari ke 6 melakukan control yang ke 2. Jahitan dilepas, luka mengering. Pasien masih sering merasakan nyeri baik dijahitan maupun didalam. 6. Hari ke 9, luka jahit sudah sembuh dan tidak diberi perban lagi. 7. Hari ke 12, dokter menyatakan bahwa pasien diperbolehkan tidak control lagi kalau tidak ada yang mengkawatirkan. Kondisi pasien yang masih nyeri terutama diususnya memang butuh waktu untuk penyembuhannya dan tidak perlu obat. Harus sering dilatih bergerak. Tidak perlu di foto lagi karena sudah terlalu sering di foto (4 x dalam waktu kurang 2 minggu) 8. Sekarang tanggal 14 Desember 2011 (hari ke 39 setelah operasi ke 2 dan hari ke 23 rawat jalan dirumah), kondisi pasien : - Perut masih terlihat besar (tetapi tidak merasakan kembung),. - BAB 1-2 x sehari (normal), kentut, kencing normal. - Makan 3 x sehari dan minum susu. - Masih merasakan nyeri di usus biasanya sehabis makan atau sehabis tidur (2 -3 x sehari) - Kondisi pergerakan pasien masih terbatas (sebatas jalan2, main game(computer), menulis). Untuk menendang, membungkuk, mengangkat barang pasien masih ketakutan. PERTANYAAN YANG INGIN SAYA SAMPAIKAN ADALAH : 1. Mengapa perut pasien masih besar? 2. Apakah perlu dilakukan foto ulang? (foto terakhir adalah 33 hari yang lalu) 3. Rasa nyeri di bekas operasi itu apakah wajar dan sampai berapa lama? 4. Rasa nyeri pada ususnya itu apakah penyebabnya, apakah wajar dan s/d berapa lama? Sekian terima kasih.



1&2.Keluhan Anda berupa perut seperti besar, dimana ini  dirasakan setelah operasi usus buntu. Menurut pendapat Kami,kemungkinan hal tersebut dapat terjadi paska operasi poencernaan dimana kerja usus  belum 100 % kembali normal.Untuk itu sementara hindari makan makanan yang merangsang seperti pedas , asam , bergas .Apabila hal tersebut sudah  dilakukan tapi tidak juga menolong , Anda dapat berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Internist bagian Gastroenterologi.

 

 

3.Proses penyembuhan luka operasi dapat memakan waktu antara 3-6 bulan. Sebaiknya, selama masa penyembuhan,  tidak dianjurkan untuk mengangkat barang berat dan  mengedan agar tekanan didalam perut tidak meningkat dan menyebabkan luka kembali terbuka. Daerah bekas luka operasi perlu dijaga tetap kering dan bersih.

4.Hal ini sudah dijelaskan oleh dokter yang menangani anak anda seperti yang tertera pada surat yang anda sampaikan kepada kami "Kondisi pasien yang masih nyeri terutama diususnya memang butuh waktu untuk penyembuhannya"

 

Demikian Informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

 

 



 



JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter