klikdokter.com
Sabtu, 26 Juli 2014

Nyeri Sendi Lutut

Ibu saya. mengalami sakit sendi. ketika sedang naik metro mini, dia merasakan ada bunyi di kaki kirinya ketika akan naik. Setelah itu kaki kirinya sulit digerakan. ini terjadi i bulan yg lalu. Pada malam harinya kami balurkan dengan voltaren dan juga makan voltaren. karena berlanjut, maka kami juga pergi ke rumah sakit dokter jg memberikan resep sirdalud,voltaren dan terapi infra red selama 2 minggu. kita juga melakukan PRICE. tetapi hingga kini, ibu saya masih merasakan sakit. Sebenarnya sakit apa ibu saya, cedera atau pengapuran dan tindakan apa yg sebaiknya diambil setelah PRICE. 1 lutut saja yg sakit. Rasa sakit hilang dan pergi, berasa nyut-nyutan. Nyeri tidak hilang dengan beristirahat. Tidak terasa kaku tapi hanya pegal di betis dan paha. Tidak ada demam. Sakit dimulai ketika sedang naik ke dalam bis, sakit diawali bunyi geletuk dilutut. Pekerjaan ibu saya saat ini hanya ibu rumah tangga, ia beberapa belas tahun yg lalu bejualan di pasar. Adik kakak ibu saya mengalami sakit sendi juga. terima kasih



Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Berapa usia Ibu Anda? Apakah Ibu Anda sudah mengalami menopause? Bagaimana rasa nyerinya? Kapan saja rasa nyeri muncul? Obat apa yang sudah Ibu Anda konsumsi dan bagaimana hasilnya? Bagian lutut kaki yang terasa nyeri mungkin dapat disebabkan karena masalah pada otot, tulang atau persendian. Pada tahap awal, Ibu Anda mungkin dapat mencoba untuk menggunakan salep untuk menghangatkan bagian tersebut, melakukan pemijatan, tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat pada area bersangkutan, dan mengistirahatkan lutut pada posisi lurus. Proses penanganan dengan fisioterapi memang baik, namun jika masih berlanjut maka perlu diketahui penyebab dasarnya. Pada wanita > 45 tahun, dengan berat badan berlebih atau menjelang menopause atau sudah mengalami menopause maka seringkali terjadi osteoartritis.

Osteoarthritis atau dengkul kopong adalah infeksi sendi dan tulang akibat proses pengapuran tulang.

Gejala yang timbul biasanya berupa kesulitan untuk berjalan, cepat lelah, kesulitan untuk jongkok, dan gampang jatuh. Timbul juga nyeri yang menyebabkan keterbatasan gerak, ketergantungan kepada obat dan orang lain, bahkan depresi.

Keluhan ini biasanya disebabkan cedera akibat keseleo, bekerja terlalu berat, terjatuh atau melakukan olahraga berat.

Untuk memastikan diagnosis tersebut perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang, misal foto X-ray tulang kaki dan panggul (daerah pinggang). Untuk itu, Anda dapat mengunjungi dokter spesialis ortopedi untuk penanganan yang optimal.

Untuk informasi yang lengkap, Anda dapat mengunjungi artikel yang kami miliki: Osteoarthritis, Apa Itu?

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



 
Artikel Terkait
Artikel Terkait

JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter

Konsil Kedokteran Indonesia Departemen Kesehatan ILUNI FKGUI ILUNI FKUI Ikatan Dokter Indonesia Fiaksi Indonesia
Must Read close
Darah Haid Pekat
Nanah Dari Penis
Pembalut Herbal