klikdokter.com
Kamis, 24 April 2014
Login | Register

Pertumbuhan Gigi Anak

salam dok...sya sangat kuatir dengan pertumbuhan gigi anak sy(cwek umur 14 bln)blum ada tumbuh gigi,tlong bantuannya,tq



Ibu / saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

Rata-rata gigi susu anak tumbuh pertama kali saat anak berusia +/-  6 bulan. Diawali dengan gigi seri bawah yang rata-rata tumbuh sekitar usia 6-10 bulan, sedangkan gigi seri atas tumbuh sekitar usia 8-12 bulan. Gigi susu tidak tumbuh sekaligus namun secara bertahap menembus gusi selama 2 ½ tahun pertama sejak kelahiran. Biasanya yang tumbuh pertama kali adalah keempat gigi depan yaitu dua di rahang atas dan dua di rahang bawah. Sebagian besar anak-anak sudah lengkap semua giginya pada saat berusia 3 tahun.Meski demikian, kecepatan pertumbuhan gigi antara anak yang satu dengan anak lainnya belum tentu sama. Ada yang tumbuh lebih cepat tapi ada juga yang lebih lama. Tidak sedikit anak yang baru tumbuh gigi pertama saat usianya mencapai 1 tahun, dan saat gigi tersebut keluar boleh jadi lebih dari satu gigi dalam waktu bersamaan. 

Meski demikian, memang ada faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan pertumbuhan gigi anak. Proses pembentukan gigi sudah dimulai saat anak masih dalam kandungan ibu, kira-kira saat janin berusia 4 bulan. Kemungkinan gigi susu tumbuh lebih lambat dari yang semestinya lebih besar pada anak yang lahir prematur atau berat badan bayi lahir kurang, karena proses pertumbuhan dan perkembangannya secara umum belum sempurna termasuk juga giginya.

Namun jika gigi susu terlambat tumbuh padahal anak lahir cukup bulan, maka tentu ada faktor lain diantaranya pola makan anak. Jika selama ini bayi hanya diberi makanan yang lunak saja maka sebaiknya anak mulai dikenalkan dengan makanan yang bertekstur dan agak kasar. Tentunya cara memasak dan jenis makanan disesuaikan dengan usia bayi. Perlu diketahui, makanan yang lunak kurang memberi rangsangan bagi pertumbuhan gigi dan rahang anak. Justru dengan diberi makanan yang agak sedikit lebih keras, otot-otot pengunyahan, gigi dan tulang rahang akan bekerja lebih keras dan memberi stimulasi bagi pertumbuhan gigi dan tulang. Pertumbuhan gigi juga dapat dirangsang dengan memberi anak mainan yang dapat digigit-gigit. Fungsinya sama, yaitu untuk memberi stimulasi bagi gigi dan tulang. Namun jangan lupa memperhatikan kebersihan mainan tersebut mengingat mainan itu akan masuk ke mulut anak, dan pilih mainan yang aman dan bebas zat beracun. 

Sayangnya, Anda tidak menuliskan mengenai pola makannya. Apakah masih ASI eksklusif, atau sudah diberi makanan pendamping dengan konsistensi cair, semi padat, atau sudah padat?

Masih banyak Ibu yang belum memahami bahwa pemberian makanan pendamping ASI selain penting untuk nutrisi dan gizi anak juga membantu merangsang pertumbuhan gigi. Yaitu dengan memberi makanan yang membuat anak mengunyah (semi padat-padat,disesuaikan dengan usia anak). Meski belum ada satupun gigi, kekerasan gusi dapat menghaluskan makanan yang diberikan dan justru merangsang keluarnya gigi. Jadi jika selama ini pola makan anak masih cair, misalnya bubur susu, maka sebaiknya anak mulai diberikan makanan yang lebih padat/kasar.

Faktor lainnya bisa karena gusi anak lebih tebal dari normal atau hal lain yang lebih kompleks seperti kekurangan nutrisi atau kelainan genetik meski hal tersebut biasanya bergandengan dengan gejala lainnya

 Berikut kami sertakan artikel

Gigi Anak Terlambat Tumbuh?

 




Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter



 



JOIN MILIS

Masukkan e-mail untuk mendapatkan informasi terbaru dari klikdokter