HomeGaya hidupDiet dan NutrisiBuah Naga dan Manfaat Sehatnya
Diet dan Nutrisi

Buah Naga dan Manfaat Sehatnya

dr. Nadia Octavia, 07 Feb 2016

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Buah naga merupakan buah yang sangat unik dan bermanfaat bila dikonsumsi. Apa saja manfaat buah naga bagi yang mengonsumsinya? Berikut ulasannya.

Buah Naga dan Manfaat Sehatnya

Buah naga merupakan buah yang memiliki warna yang mencolok dan berbentuk unik. Buah naga ini mulai populer dan banyak disukai oleh berbagai kalangan masyarakat, baik untuk dikonsumsi secara langsung ataupun sebagai campuran buah di dalam sup buah.

Selain bentuk, warna dan rasanya yang khas, buah naga ternyata juga memiliki berbagai manfaat yang baik bagi tubuh orang yang mengonsumsinya. Beberapa manfaat buah naga tersebut, yakni:

  • Buah naga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh

Buah naga mengandung kadar vitamin C yang tinggi. Vitamin C dalam buah naga ini dapat berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh, serta menangkal radikal bebas. Kekebalan tubuh yang baik tentu akan membuat orang yang mengonsumsi buah naga ini terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Tak hanya vitamin C, buah naga juga mengandung beberapa vitamin lainnya, seperti vitamin B1, B2 dan B3 yang bermanfaat untuk kesehatan kulit, menjaga kadar kolesterol, tekanan darah dan fungsi tiroid.

  • Buah naga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi pencernaan

Selain kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, buah naga juga kaya akan serat yang bermanfaat untuk pencernaan Anda. Serat berfungsi untuk melancarkan pencernaan, merangsang gerakan peristaltik usus dan Anda pun tak lagi mengalami susah Buang Air Besar (BAB).

  • Buah naga merupakan sumber antioksidan

Buah naga merupakan sumber antioksidan alami. Karoten yang terkandung di dalam buah naga memiliki fungsi sebagai anti karsinogenik untuk mencegah terjadinya kanker.

Tak hanya itu, dengan mengonsumsi buah naga, kandungan antioksidan di dalam tubuh juga akan bertambah sehingga semakin optimal dalam menangkal radikal bebas.

  • Buah naga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh

Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan protein.  Protein merupakan salah satu nutrisi esensial yang diperlukan oleh tubuh. Protein bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah, sayuran dan daging yang kemudian dimetabolisme oleh tubuh untuk mempercepat perbaikan sel, mempercepat metabolisme, dan meningkatkan massa otot.

Tak hanya itu, protein juga bermanfaat untuk kesehatan gigi, rambut, tulang, pembuluh darah, dan jaringan tubuh.

  • Antibakteri dan antijamur

Jika kekebalan tubuh Anda meningkat, maka Anda pun dapat terhindar dari infeksi bakteri dan jamur. Tak hanya untuk kekebalan tubuh, buah naga juga dapat berfungsi untuk meregenerasi sel dan mempercepat penyembuhan luka. 

Buah Naga

Konsultasi Dokter Terkait