Diet dan Nutrisi

Manfaat Bunga Purslane untuk Kulit

Aditya Prasanda, 31 Okt 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Manfaat purslane disebut-sebut dapat mencegah penuaan dini hingga menghaluskan dan mengencangkan kulit. Simak selengkapnya di sini.

Manfaat Bunga Purslane untuk Kulit

Ekstrak bunga purslane atau krokot selama ini digunakan dalam pengobatan tradisional.

Fungsinya untuk menyembuhkan luka bekas sengatan dan gigitan hewan. Namun nyatanya, manfaat purslane untuk kulit lebih dari itu.

Ekstrak tanaman dengan nama latin Portulaca Oleracea ini dapat menghaluskan dan mengencangkan kulit, mencegah penuaan dini, hingga mempertahankan kelembapan kulit.

Manfaat tersebut tidak lepas dari kandungan vitamin, mineral, asam lemak omega, serta asam askorbat di dalam purslane.

Berkat khasiatnya itulah ekstrak bunga purslane banyak ditemukan dalam produk kecantikan seperti krim maupun serum. Berikut manfaat ekstrak bunga purslane untuk kulit.

Artikel Lainnya: Manfaat Bunga Hibiscus untuk Kecantikan Kulit

1 dari 3

1. Menghaluskan dan Mengencangkan Kulit

Disampaikan dr. Kristina Collins, FAAD, ekstrak bunga purslane mengandung asam lemak omega dan vitamin yang sangat tinggi.

“Kandungan asam lemak omega dalam purslane bahkan lebih banyak daripada minyak ikan. Vitamin di dalamnya juga lebih banyak daripada sayuran yang paling menyehatkan,” jelas dokter kulit spesialis kosmetik, bedah mikrografik Mohs, dan bedah dermatologi itu, dikutip dari Byrdie.

Salah satu asam lemak yang terkandung di dalam purslane adalah asam lemak omega-3. Kandungan yang memang berfungsi menjaga efektivitas membran sel kulit dalam menyerap nutrisi dan mengeluarkan racun.

Selain itu, purslane juga mengandung koenzim Q10 (CoQ10) yang berfungsi menghaluskan dan mengencangkan kulit.

Dokter Collins menambahkan manfaat purslane untuk kesehatan kulit pun berasal dari kandungan mineralnya, seperti potassium, magnesium, kalsium, dan fosfor.

2. Antiaging

Dijelaskan dr. Atika, antioksidan kuat di dalam bunga purslane juga berperan sebagai agen antiaging.

“Kandungan purslane yang berperan sebagai antiaging adalah antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, glutation dan beta karoten. Antioksidan ini dapat menangkal radikal bebas, penyebab penuaan dini,” katanya.

Antioksidan dalam ekstrak bunga purslane pun dapat merangsang kolagen dan mendukung proses perbaikan sel. Ini membantu mengurangi kerutan dan munculnya jaringan parut kulit.

“Selain itu, beta karoten sebagai prekursor vitamin A yang dikandung purslane juga sangat penting untuk pembaharuan sel kulit,” dr. Atika menambahkan.

Manfaat purslane sebagai agen antiaging juga berasal dari kandungan enzim telomerase di dalamnya.

Enzim ini berfungsi melindungi proses perbaikan DNA sel kulit. Pada gilirannya juga mencegah terjadinya penuaan dini.

Artikel Lainnya: Menyingkap Manfaat Bunga Teratai untuk Mengatasi Jerawat

2 dari 3

3. Mengatasi Luka dan Peradangan Kulit

Dokter spesialis kulit asal Amerika Serikat, dr. Rachael Nazarian, FAAD, mengungkapkan bahwa ekstrak bunga purslane baik digunakan untuk mengatasi kulit yang mengalami luka, iritasi, dan peradangan.

Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan vitamin A yang berperan mendukung proses pergantian sel kulit. Sehingga dapat membantu proses penyembuhan luka dan memperbaiki kerusakan sel kulit.

4. Mempertahankan Kelembapan Kulit

Manfaat purslane lainnya adalah untuk mempertahankan kelembapan kulit. Berdasarkan dr. Marisa Garshick, FAAD, tingginya kandungan asam lemak omega-3 di dalam purslane dapat membantu menghidrasi kulit.

“Sehingga, ekstrak purslane direkomendasikan untuk digunakan orang dengan kondisi kulit kering,” jelas dokter spesialis kulit asal Manhattan, AS tersebut.

3 dari 3

5. Aman untuk Semua Jenis Kulit

Ekstrak bunga krokot aman digunakan untuk berbagai jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Purslane juga bermanfaat untuk orang dengan kondisi eksim, jerawat, dan memiliki kondisi kulit paling reaktif.

Artikel Lainnya: Ragam Manfaat French Rose untuk Skincare Routine

Pasalnya, purslane kaya akan vitamin A, C dan E yang bermanfaat melindungi kulit paling sensitif, mengurangi peradangan, serta meningkatkan aliran darah guna meregenerasi sel kulit.

Manfaat ekstrak bunga purslane dapat menghaluskan dan mengencangkan kulit, mencegah penuaan dini, hingga mempertahankan kelembapan kulit.

Namun sebelum mencoba produk dengan kandungan purslane, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu.

Jika ingin tanya lebih lanjut seputar kesehatan kulit, silahkan manfaatkan fitur LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

(PUT/AYU)

Nutrisi Anak
vitamin anak